Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Terbaik Memulai MPASI

makanan bayi, bubur bayi, mpasi bayi
Makanan Pendamping ASI (MPASI)

MPASI atau Makanan Pendamping ASI hanya diberikan saat bayi sudah siap menerima makanan atau minuman lain selain ASI. Yaitu saat bayi sudah berusia genap 6 bulan sesuai anjuran WHO. Sangat tidak dianjurkan untuk memberi MPASI pada bayi dibawah usia 6 bulan.  Karena ada banyak resiko dan bahaya yang akan dialami bayi jika diberikan MPASI terlalu dini.

Dilema yg terjadi pada kehidupan sehari hari adalah saat orang disekitar kita selalu mendorong untuk memberikn MPASI dini atau didalam keluarga terjadi kebiasaan memberikan MPASI sebelum usia 6 bulan. Apalagi orang-orang terdekat seperti suami, orang tua, mertua, ipar, tetangga. Hal ini justru mempengaruhi ibu-ibu untuk memberikan MPASI dini kepada anaknya.

Terjadi juga beberapa keluhan dari orang tua , yg merasa bayi mereka kelaparan, dan saat melihat orang lain makan. Bayi selalu menunjukkan reaksi ingin makan. Padahal pada usia dibawah 6 bulan bayi hanya membutuhkan ASI saja tanpa tambahan apapun. Dan tubuh bayi pun belum siap untuk menerima makanan padat. Kalaupun terjadi bayi seperti kelaparan dan ingin makan. Cukup di berikan ASI lebih banyak lagi. Karena memang hanya ASI lah yg dibutuhkan bayi saat usia itu.

Memberikan MPASI dini akan berakibat fatal untuk kesehatan bahkan keselamatan bayi anda.

Berikut bahaya MPASI dini :


 Bahaya #1 Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan bayi dibawah 6 bulan belum berfungsi dengan sempurna. Sehingga saat diberikan makanan selain ASI akan sangat rentan mengalami sembelit dan infeksi saluran pencernaan.

Bahaya #2 Ginjal Overload

Beban ginjal menjadi lebih berat. Karena ginjal yg belum siap. Dipaksa bekerja 2x lebih berat dibandingkan yg seharusnya.
 

Bahaya #3 Produk ASI Berkurang

Padahal ASI lah yg sangat diburuhkan bayi usia dibawah 6 bulan. Tapi saat diberikan MPASI akan berpengaruh pada jumlah ASI. Dan bayi menjadi kekurangan ASI.

Bahaya #4 Rentan Alergi

Bayi yg diberikan MPASI dini rentan alergi karena kuman akan masuk lewat makanan yg diberikan saat tubuh bayi belum siap menerima atau melawan kuman tersebut.

Bahaya # 5 Obesitas

Obesitas menjadi sesuatu yang patut di perhatikan ketika asupan gizi tidak seimbang

Bahaya #6 Gangguan pencernaan saat sudah dewasa

Karena diberikan MPASI terlalu dini saat organ belum siap melakukan proses tersebut, menjadi berpengaruh jangka panjang untuk kesehatan pencernaan anak sampai dewasa.

Bahaya #7 Kematian

MPASI dini juga sering ditemukan menjadi penyebab kematian bayi

Logikanya saja, bayi dibawah usia 6 bulan ususnya masih sangat kecil. Dengan memberikan ASI saja sudah cukup memenuhi kebutuhannya setiap hari, apalagi jika ditambah makanan seperti bubur kental, pisang, biskuit, sementara ususnya yang masih berukuran sangat kecil belum dapat menampung makanan-makanan padat seperti itu

Tidak jarang juga kita mendengar berita bayi yang masuk rumah sakit bahkan meninggal karena kecerobohan orang tua yg memberikan MPASI dini, dan dianggap hal sepele.
Ada juga bayi yg diperbolehkan MPASI dini yaitu bayi dengan berat badan yg sangat kurang. Tentunya ini harus dengan pengawasan dokter. Dan harus dikonsultasikan dulu terlebih dahulu kepada dokter

Disini orang tua dituntut lebih bijak dalam mengambil tindakan apapun untuk si kecil. Jangan sampai hal-hal sepele yg kita lakukan dapat membahayakan anak kita.

Posting Komentar untuk "Waktu Terbaik Memulai MPASI"