Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membentuk Karakter Anak Dengan Teknik SOUNDING!

Mengatasi berbagai masalah parenting dengan SOUNDING


bayi sounding
Sounding
Sounding adalah salah satu proses pemberian sugesti atau kata-kata positif dipikiran bawah sadar. Dalam hal ini kepada anak. Artinya hal ini berguna untuk mengubah sikap dan kebiasaan anak.

Kenapa harus dipikiran bawah sadar? Karena pikiran bawah sadar mempengaruhi sikap sebesar 88%. 12% nya dikendalikan oleh pikiran sadar. Jika dalam kondisi sadar kita harus selalu  mengulang-ulang sugesti positif dalam waktu yg lama, dan itu juga hanya berpengaruh 12% saja untuk perubahan sikap anak.

Tapi dengan teknik SOUNDING, hasil yg kita harapkan akan lebih cepat terlihat. Apa saja problem pada parenting yg bisa kita atasi dengan cara SOUNDING?

1. Anak susah makan.

2. Anak rewel, tantrun, dan susah jika dinasehati.

3. Anak yg masih mengompol saat tidur.

4. Untuk memberhentikan anak makan permen berlebihan, dll.

5. Agar anak lebih gampang diatur.

6. Mengubah kebiasaan anak seperti ngeyot jempol, berkata kasar,dll.

7. Membuat tidur anak lebih pulas.

8. Lebih gampang menerapkan pola asuh.

9. Memotivasi anak agar lebih percaya diri.

10. Anak kecanduan gadget

Masih banyak contoh-contoh masalah lain yg bisa diselesaikan lewat teknik SOUNDING.
Artinya pikiran bawah sadar disini adalah sugesti positif diberikan kepada anak saat anak MULAI terlelap tidur, tapi masih ada reaksi saat dilakukan SOUNDING.

Jadi anak tidak benar-benar dalam keadaan tertidur pulas. Karena pikiran bawah sadar anak akan aktif 5 menit sebelum anak tertidur pulas.  Tapi saat sudah tertidur pulas. Sounding sudah tidak bisa dilakukan lagi.
Dalam waktu pikiran bawah sadarnya aktif inilah kita memberikan sugesti dengan kata-kata positif kepada anak, yg bisa dilakukan saat tidur siang ataupun malam.

Ada lagi saat pikiran bawah sadar anak aktif yaitu saat anak sedang sibuk dengan sesuatu sehingga tidak menghiraukan kehadiran kita, misalnya saat anak menonton, bermain dengan fokus. Semakin anak tidak sadar dengan sugesti yg kita sampaikan, sugesti itu akan semakin masuk kedalam pikirannya dengan baik.

Contoh sugesti positif yg disampaikan kedalam pikiran bawah sadar anak adalah "mulai besok kamu makan yg cukup ya. Biar sehat dan cepat besar" terus diulang-ulang sampai anak tertidur pulas. Dan perhatikan kalimat-kalimat yg kita sampaikan jangan sampai salah menyampaikan sugesti.

Contohnya untuk mengatasi anak yg susah makan. Kita harus memberi sugesti agar anak makan yg cukup. Bukan makan banyak. Karena makan banyak bisa saja itu artinya makan diluar kebutuhannya. Sedangkan sounding akan diingat oleh anak sampai dewasa.

Banyak orang tua yg sudah mencoba teknik sounding, tapi merasa gagal dan tidak ada perubahan. Ini berarti salah dalam menyampaikan. Bisa jadi disampaikan saat anak belum tertidur, atau saat anak tertidur pulas. Berarti pikiran bawah sadarnya tidak aktif.

Yg perlu diingat adalah soundong diberikan saat anak MULAI tertidur pulas. 5 menit sebelum tidur pulasnya. Ciri-cirinya yaitu anak masih merespon saat kita ajak komunikasi. Contoh menggerakkan bola mata, dalam kondisi terpejam, menggerakkan tangan atau kaki. Tapi tidak sampai membuat anak terbangun. Jadi sounding ini dilakukan dipertengahan antara anak baru tidur dan akan tertidur pulas.

Sounding ini bisa dilakukan mulai anak dalam kandungan, baru lahir, sampai usia berapapun.

Dan satu tips lagi. Sounding lebih egektif jika dilakukan rutin untuk 1 problem saja tanpa dicampur dengan sounding yg lain. Jika sudah mulai merasa anak mulai ada perubahan. Baru di ganti untuk sounding dengan permasalahan lain. Agar hasil lebih bisa kita nilai dan anak tidak bingung dengan sounding yg berbeda-beda dallam waktu yg sama.

Posting Komentar untuk "Cara Membentuk Karakter Anak Dengan Teknik SOUNDING!"