Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting Yang Perlu Diingat Saat Hamil


Assalamualaikum mom  kali ini kita bahas tentang kehamilan ya. Buat momy momy yg membaca artikel ini dan sedang dalam masa kehamilan semoga selalu diberi kelancaran hingga si bayi lahir, dan untuk momy yg sedang mempersiapkan kehamilan semoga segera diberikan rezeki, kepercayaan serta kemampuan oleh yg Maha Kuasa

kehamilan, pregnant,
Ibu hamil
 
Hamil kadang bikin kita was was ya mom, Apalagi kehamilan pertama banyak yg harus kita pelajari lagi tentang hal baik dan buruk untuk kehamilan kita. Begitu banyak beredar beragam isu tentang kehamilan. Yg membuat sebagian ibu hamil menjadi sangat berhati hati baik dalam mengkonsumsi makanan,menggunakan kosmetik maupun melakukan aktifitas selama kehamilan. 

Beberapa isu tentang hal yg dapat membahayakan kehamilan tentu harus kita waspadai namun juga tidak boleh membuat kita panik, sehingga mempercayai semua yg kita dengar mom. Sebaiknya kita yakinkan dulu, apa berita yg kita dapatkan benar-benar valid atau cuma isu yg tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Masa kehamilan tentunya adalah masa yg begitu penting bagi setiap ibu. Karena pada masa ini tentu kita begitu mempersiapkan diri untuk menjadi ibu yg terbaik kelak. Termasuk dalam mempersiapkan bayi yg akan kita lahirkan. Tentu banyak hal yg perlu kita perhatikan dan perlu kita usahakan agar nanti anak kita lahir dengan sehat. 

Beberapa HAL PENTING yg perlu kita ketahui tentang KEHAMILAN yg sering keliru dimengerti oleh sebagian ibu hamil nih mom :


1. Masih banyak ibu hamil yg beranggapan, mereka justru harus makan 2x lipat dari biasanya. Dan mereka akan menjadi panik saat trismester 1 mengalami mual muntah, dan tidak selera makan. Hal ini Justru memicu stres karena tetap memaksakan diri untuk makan 2x lipat. SEBENARNYA bukan seperti itu kesimpulannya moms  jadi setiap ibu hamil bukannya harus makan 2x lipat dari biasanya. Karena saat hamil kita cuma harus menambah sedikit kalori dari kebutuhan kita biasanya

Begini kira-kira HAL PENTING TENTANG anjuran makanan sehat untuk ibu hamil  :


1. Makanan yg kaya karbohidrat seperti gandum,oatmeal,nasi.

2. Konsumsilah daging tanpa lemak. Hindari daging olahan.

3. Konsumsi sayur dan buah buahan

4. Konsumsi sumber kalsium seperti yougurt, dan susu

5. Sedikit mengurangi konsumsi ikan. agar terhindar dari paparan merkuri

6. Perbanyak minum air putih

7. Penuhi kebutuhan omega dengan telur, namun harus dikonsumsi dalam keadaan matang.

8. Makan dengan porsi sedikit, tapi sering. Ingat bukan makan untuk 2 porsi ya mom.

9. Makan makanan matang, hindari makanan yg diolah setengah matang, dan selalu utamakan kebersihan dalam penyajian makanan.

Kekeliruan pendapat yg mengatakan bahwa makan ibu hamil harus 2x lebih banyak, ini akan membuat beberapa orang beranggapan yg terpenting pada makanan ibu hamil ini kuantitas, sedangkan yg PALING PENTING dalam setiap makanan yg dikonsumsi ibu hamil itu adalah kualitasnya. Apakah memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil? Karena makan dengan porsi besar belum tentu bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi. Malah akan membuat si ibu menjadi begah apalagi dikehamilan trismester terakhir.

Jd paham ya mom. Yg penting itu bukan makan banyak tapi makan yg memenuhi kebutuhan gizi saat hamil 

2. Beberapa ibu hamil masih banyak yg ragu bahkan takut untuk melakukan hubungan suami istri saat hamil. SEBENARNYA, hubungan suami istri itu aman dilakukan saat hamil ,YANG TERPENTING YG PERLU DIPERHATIKAN ADALAH tidak pernah keguguran sebelumnya, tidak pernah melahirkan secara prematur, tidak sedang pecah ketuban, dan pastikan posisi placenta tidak berada terlalu rendah yg akan beresiko pendarahan. Hal ini bisa diketahui lewat USG ya mom.

Sex tetap aman dilakukan ibu hamil diusia kandungan berapapun selama kondisi ibu dan janin normal, kemudian mengutamakn kenyamanan si ibu, dan hindari posisi menekan perut, apalagi jika kandungan sudah mulai membesar. Beberapa pendapat mengatakan bahwa sperma dapat merangsang kontraksi, jadi disarankn saat trismester 1 dan 2 agar tidak mengeluarkan sperma di mulut rahim untuk menghindari kontraksi sebelum cukup bulan.

3. Hindari berendam di air panas. Berendam di air panas memang salah satu bentuk relaksasi namun beberapa penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yg berendam air panas dapat beresiko keguguran.

4. Hibdari kotoran kucing selama kehamilan. Karena dalam kotoran kucing mengandung jutaan parasit yg beresiko terinfeksi toxoplasma, dan menyebabkan komplikasi. Beberapa dampaknya adalah bayi lahir cacat, keguguran dan bayi meninggal dalam kandungan.

5.Batasi mengkonsumsi kafein, karena kafein terbukti beresiko membuat ibu hamil mengalami keguguran serta bayi meninggal dalam kandungan.

6. Durian dan nanas yg dianggap bisa menggugurkan kandungan pun sebenarnya AMAN untuk ibu hamil selama dikonsumsi dalam batas yg wajar. Peneliti mempercayai konsumsi durian memiliki sejumlah manfaat dari kandungan organo-sulfur dan triptofan, yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan durian ini memiliki khasiat bagi kehamilan yang bekerja sebagai antimikroba, antibakteri, dan antijamur.

7. Susu ibu hamil itu baik untuk kandungan, tapi bukan berarti wajib untuk setiap ibu hamil. Didalam susu ibu hamil banyak mengandung asamfolat. Inilah yg dibutuhkan tubuh saat hamil. Untuk perkembangan otak janin. Namun kondisi beberapa ibu hamil tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi susu ibu hamil. Hal ini tidak masalah. karena asamfolat bisa didapat bukan cuma dari susu ibu hamil, tapi juga dari makanan,dan tetap penuhi kebutuhan kalsium.

8. Waspada dalam menggunakan produk kosmetik. Pastikan bahan yg terkandung aman untuk ibu hamil. Hal ini dapat dikonsultasikan dulu dengan dokter. Berikut kandungan kosmetik yg disarankan untuk dihindari saat kehamilan: hindari kosmetik yg mengandung paraben, retinol dan pengharum yg terdapat pada foundation. Hal ini dapat mempengaruhi janin. 

Untuk penggunaan lipstik, pastikan berbahan dasar alami dan hati-hati dengan pewarna buatan pada lipstik. Untuk menghindari resiko buruk dari penggunaan lipstik, gunakan lipbalm sebagai pengganti selama kehamilan berlangsung. Catkuku, pemutih dan tabir surya juga harus diwaspadai bahan-bahannya. Agar tidak mengganggu kesehatan janin dan menghindarkan ibu hamil dari resiko alergi karena kulit sensitif saat hamil.

9. Puasa tetap aman untuk ibu hamil, SELAMA ibu tetap mencukupi kebutuhan gizi selama berpuasa. Ibu hamil tetap makan 3x sehari dengan menu sehat tentunya, yaitu saat sahur, berbuka dan setelah sholat taraweh. Mengkonsumsi kurma akan menambah tenaga ibu saat berpuasa. Jika kehamilan masih dalam trismester awal dan kondisi tubuh masih lemah, sering mual dan muntah disarankan untuk tidak berpuasa. 

Puasa aman bagi ibu hamil, selama ibu kuat dan merasa nyaman menjalankan puasa. Jika terjadi gejala seperti lemas dan muntah-muntah. Jangan dipaksakan ya mom.

9. USG saat kehamilan itu penting untuk tetap memastikan bayi dalam kondisi sehat. Beberapa orang beranggapan sering USG justru berbahaya untuk janin. Padahal USG tidak beresiko buruk untuk janin, dan disarankan dilakukan 1x sebulan. Hal ini sebaiknya dilakukan rutin sampai bayi lahir, agar dapat mengantisipasi jika terjadi hal yg membahayakan pada janin. Apalagi di usia kandungan cukup bulan, namun belum merasakan kontraksi. Sebaiknya tetap dilakukan USG agar kita dapat memantau kondisi janin apakah masih bisa menunggu kelahiran normal atau sudah tidak memungkinkan sehingga membutuhkan tindakan medis yg lebih tepat

Mungkin segitu dulu ya mom. Beberapa hal yg sering keliru dimengerti oleh beberapa ibu hamil. Terimakasih sudah mampir di blog saya.
Assalamualaikum 

Posting Komentar untuk "Hal Penting Yang Perlu Diingat Saat Hamil"