Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MPASI Sehat Sesuai Aturan

Makanan Pendamping ASI atau dikenal dengan nama MPASI adalah makanan dan susu formula tambahan yg diberikan saat bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Ingat ya moms. MPASI hanya diberikan saat bayi sudah berusia 6 bulan. Sesuai anjuran WHO (World Health Organization) dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Pemberian MPASI yg sehat juga sudah diatur oleh WHO dan organisasi kesehatan lainnya. Yg dapat kami rangkum secara keseluruhan seperti dibawah ini:

1. Memberikan MPASI saat anak sudah cukup umur. Anak dianggap cukup umur untuk MPASI di usia 6 bulan.

no sugar, tanpa gula

2. No gula garam. Artinya sampai anak berusia 1 tahun tidak dianjurkan memberikan gula garam pada makanan si kecil. Bahasan lebih lanjut tentang pemberian gula garam pada makanan sei kecil akan lebih saya rincikn pada artikel selanjutnya.

3. Menu tunggal sudah tidak dianjurkan. WHO menganjurkan pemberian MPASI pertama langsung kepada menu 4*. Yaitu menu lengkap dengan karbohidrat,sayuran,protein hewani dan protein nabati. Karena menu tunggal dianggap tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi bayi.

4. Tekstur makanan untun bayi terus meningkat sejak pertama kali pemberian MPASI. Misalnya dari encer, mulai meningkat setiap bulannya, sampai umur 1 tahun bayi sudah dapat mengkonsumsi makanan padat.

5. Tetap menjaga kehigienisan makanan bayi.

6. Dianjurkan memberikan MPASI homemade agar kebersihan dan gizinya dapat kita awasi dengan baik.

7. Frekuensi pemberian MPASI meningkat, tidak langsung memberikan 3x sehari tapi bertahap sesuai usia bayi. Saat usia bayi 6 bulan, cukup memberikan 2x pagi dan sore, dan meningkat 3x sehari saat bayi sudah menginjak 8 bulan.

Demikianlah secara umum kriteria pemberian MPASI untuk bayi.

Posting Komentar untuk "MPASI Sehat Sesuai Aturan"