Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Harus ASI Eksklusif?

Pentingnya memberikan ASI eksklusif di 6 bulan kehidupan pertama bayi


ASI eksklusif selama 6 bulan, tentu sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil, bukan hanya pada saat anak mengkonsumsi ASI tersebut, tapi juga berpengaruh jangka panjang bagi kesehatan serta tumbuh kembangnya di masa yg akan datang.

Yg dimaksud dengan ASI eksklusif adalah pemberian ASI pada usia 6 bulan pertama bayi tanpa mencampur dengan makanan atau minuman apapun. Termasuk tidak memberikan air putih, karena bayi tidak membutuhkannya di usia 0 sampai 6 bulan tersebut. Di usia itu bayi hanya membutuhkan ASI saja tanpa tambahan apapun.

Beberapa teori menyebutkan bahwa anak yg mengkonsumsi susu formula lebih "gemuk" daripada anak yg hanya diberikan ASI. Tapi untuk tumbuh kembang sikecil. Tentu bagaimanapun ASI lebih baik daripada susu formula manapun. Dan bayi ASI juga memiliki resiko obesitas lebih rendah dibandingkan bayi yg mengkonsumsi susu formula.

Berikut manfaat ASI Ekslusif bagi ibu dan bayi :

asi, bayi, menyusui

1. Sebagai antibody bagi si kecil
Asi diciptakan oleh sang pencipta tentu sudah dengan kesempurnaan. Memiliki zat antibody, yg sudah dipersiapkan untuk dapat melawan virus serta bakteri yg akan masuk ke tubuh bayi. Hal ini yang tidak terdapat pada susu formula.

2. Memiliki gizi yg cukup
ASI tentu sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Tanpa harus tambahan makanan atau minuman apapun selama 6 bulan pertama kehidupannya. Hal ini tentu perlu di dukung dengan makanan-makanan bergizi,tinggi serat yg di konsumsi sang ibu saat menyusui. 

3. ASI tidak menimbulkan reaksi alergi
Di usia awal kehidupannya , tentu bayi sangat rentan dengan hal2 baru, sama halnya dengan apa yg dikonsumsinya. Jika pemberian susu formula di usia 6 bulan pertama dapat memicu beberapa reaksi alergi, tapi pada ASI tentu tidak akan menimbulkan reaksi alergi apapun. 

4. Mempererat hubungan emosional ibu dan anak
Proses menyusui tentu juga memberikan dampak besar terhadap keintiman hubungan ibu dan bayi. Meningkatkan kualitas kedekatan antara ibu dan anak. Karena saat menyusui, terjadi kontak mata, sentuhan serta bisa diikuti kata2 positif yg juga akan berdampak sangat besar bagi kecerdasan emosional anak kedepannya.

5. Mendapatkan berat badan ideal
Ini adalah manfaat bagi ibu dan anak sekaligus. Karena saat diberikan ASI anak akam cenderung memiliki berat badan ideal, terhindar dari obesitas, sementara ibu yg sedang menyusui juga akan membakar sebanyak 200 kalori, yg juga akan membantu menjaga berat badan ibu menyusui.

6. KB alami
Menyusui juga menjadi KB alami untuk ibu. Karena ovulasi akan terhambat saat si ibu sedang memberikan ASI eksklusif.

7. Mengurangi stres
Saat menyusui, sang ibu memproduksi hormon oksitosin yang akan membuat sang ibu menjadi rileks. 

Susu formula tentu juga baik untuk si kecil, tapi dibutuhkan pada usia bayi sudah menginjak 6 bulan keatas. Setelah bayi mendapatkan ASI eksklusif. Dan mulai usia 6bulan keatas tentu bayi lebih membutuhkan banyak asupan gizi. Salahsatunya dari MPASI dan susu formula tambahan. Karena saat bayi berusia 6bulan keatas. ASI saja tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

Posting Komentar untuk "Kenapa Harus ASI Eksklusif?"